SMAKADANO…..? SMK Negeri 2 Wonosari

SMK Negeri 2 Wonosari merupakan SMK Rujukan di Kabupaten Gunungkidul. Sejak didirikan tahun 1975 sampai saat ini, tetap konsisten mengembangkan proses pembelajaran yang berkualitas di Bidang Teknologi Rekayasa dan  Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Terbukti memiliki siswa-siswi berprestasi yang berlaga di kompetensi tingkat nasional, Asia bahkan dunia melalui ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS), Asian Skill Contest (ASC) dan Word Skill Contest (WSC). Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 menjadi hal yang mendukung sekolah ini menjalankan pengelolaan sekolah yang lebih baik. Hal ini dibuktikan dengan prestasi SMKN 2 Wonosari sebagai Juara I dalam Lomba Citra Pelayanan Publik (LCPP) tingkat Nasional pada tahun 2013. Menjadi peringkat 2 Sekolah berintegritas tingkat Propinsi dan peringkat 6 tingkat Nasional pada tahun 2018 dengan nilai indeks integritas 99,63.

SMK Negeri 2 Wonosari memiliki lahan seluas 32.174 m2 dengan jumlah ruang kelas dan bengkel yang memadai serta peralatan-peralatannya telah lolos verifikasi sebagai Tempat Uji Kompetensi dan telah mendapat sertifikat LSPP1. SMK N 2 Wonosari telah bekerja sama dengan ratusan Industri baik berskala Nasional maupun Internasional, antara lain : PT Isuzu, PT Astra Honda Motor (AHM), PT Denso, PT Tesco Indo Maritim, PT Nutrifood Indonesia, PT United Can, PT Paragon Indonesia, PT JIAEC, PT Bakri Building, PT Tridaya.

Merupakan satu-satunya sekolah di DIY yang diberi kepercayaan oleh PT. Carfix Indonesia membuka kelas Carfix. Mampu menyalurkan alumni masuk ke  Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN pada tahun 2020 sebanyak 15 siswa.

Untuk mencapai visi Smakadano kegiatan pembelajaran dan praktik disekolah diarahkan dengan tujuan :

  • Menyiapkan peserta didik agar dapat bekerja, baik secara mandiri atau mengisi lapangan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah, sesuai dengan bidang dan program keahlian yang diminati,
  • Membekali peserta didik agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetensi dan mampu mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminati, dan
  • Membekali peserta didik dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) agar mampu mengembangkan diri sendiri melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

 

Tips sukses untuk adik-adik calon peserta didik baru, ketika anda telah menjatuhkan pilihan sekolah di SMK maka anda harus yakin dan memiliki ‘passion’ . Sehingga, dengan kekuatan keyakinan dan passion tersebut akan menimbulkan kecintaan dan perasaan bahagia ketika menjalani proses pembelajaran dan akan kompeten saat lulus nanti.