PROFIL KOMPETENSI KEAHLIAN

Teknik Elektronika Industri SMK N 2 Wonosari

Kompetensi Keahlian Teknik Elekronika Industri merupakan salah satu kompetensi keahlian di SMK Negeri 2 Wonosari yang telah ada sejak tahun 2004 dengan capaian nilai akreditasi A. Sejak tahun 2017, Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri telah menjadi bagian dari LSP P1 SMK N 2 Wonosari yang telah diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Melalui proses pembelajaran di Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri diharapkan peserta didik memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang kerja Dasar Teknik Elektronika, khususnya yang berorientasi pada pekerjaan-pekerjaan di dunia industri. Tahun Pelajaran 2020/2021 Kompetensi Keahlian Teknik Elekronika Industri SMK Negeri 2 Wonosari membuka  1 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 orang.

Kurikulum

Jurusan Teknik Elektronika Industri mengimplementasikan kurikulum 2013 yang direvisi dengan masa studi 3 tahun untuk dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang termuat dalam mata pelajaran-mata pelajaran sebagai berikut:

No

Mata Pelajaran Kejuruan

Deskripsi singkat

1

Kerja Bengkel dan Gambar Teknik

Peserta didik mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan dasar bengkel elektronika dengan mengikuti prosedur kesehatan dan keselamatan kerja. Peserta didik juga mampu menggambar teknik khususnya bidang elektronika.

2

Dasar Listrik dan Elektronika

Peserta didik dapat memahami dan menerapkan konsep-konsep kelistrikan dan komponen-komponen elektronika baik digital maupun analog.

3

Sistem Komunikasi Digital

Peserta didik mampu mengelola aplikasi-aplikasi komputer untuk berkomunikasi dan presentasi produk.

4

Pemrograman Mikroprosessor/Mikrokontroler

Peserta didik mampu memprogram peralatan pengendali yang berbasis pada mikrokontroler (AVR, Arduino)

5

Penerapan Rangkaian Elektronika

Peserta didik mampu menerapkan berbagai rangkaian dasar elektronika baik analog maupun rangkaian digital serta rangkaian power supply.

6

Sistem Pengendali Elektronik

Peserta didik mampu membuat rangkaian pengendali berbasis rangkaian analog (op-amp), relai magnetic dan Programmable Logic Controller (PLC)

7

Pengendali Sistem Robotik

Peserta didik mampu merakit dan mempropgram sistem pengendali berbasis pneumatic, elektropenumatik secara otomatis baik menggunakan komponen elektrik, mikrokontroler maupun PLC.

8

Perawatan dan Perbaikan Pesawat Elektronika

Peserta didik memahami dan menerapkan prosedur perawatan dan perbaikan untuk komponen dan peralatan-peralatan elektronika secara umum.

9

Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Peserta didik mampu membuat produk kreatif berbasis elektronika dengan menerapkan ilmu-ilmu dasar kewirausahaan.

 

Sarana & fasilitas

Guna menunjang kegiatan pembelajaran kejuruan, Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri memiliki beberapa ruang bengkel yang dilengkapi fasilitas praktik yang cukup memadai. Ruang bengkel yang dimiliki yaitu:

  1. Dasar Teknik Elektronika
  2. Bengkel Kerja Mekanik
  3. Kendali Industri
  4. Komputer

Pendidik/guru

Tahun Pelajaran  2020/2021, Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri memiliki 4 (empat) guru professional yang bersertifikasi, telah berpengalaman mengajar dengan latar belakang pendidikan S1 dan S2 bidang Teknik Elektronika dan memiliki pengalaman diklat di dalam dan luar negeri.

Peluang kerja & mitra industri

Dengan bekal keilmuan dan pengalaman selama studi di Jurusan Teknik Elektronika Industri, para peserta didik melalui BKK SMK Negeri 2 Wonosari memiliki banyak peluang untuk berkarya di dunia industri dengan menduduki jabatan seperti supervisor produksi, teknisi, quality control, MR dan operator di berbagai industri mitra, diantaranya:

  1. PT Denso, Jakarta
  2. PT Hartono Istana Teknologi (Polytron), Kudus
  3. PT THIESS, Kalimantan
  4. PT JIAEC, Jakarta
  5. PT PAMA, Kalimantan

Prestasi siswa

Selama studi, para peserta didik di Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika memiliki potensi dan jiwa kompetisi yang sangat baik, dibuktikan dengan dicapainya banyak prestasi di bidang elektronika, diantaranya:

  1. Juara II Lomba Kompetensi Siswa (LKS) bidang Mekatronika Tingkat Propinsi D.I. Yogyakarta tahun 2019
  2. Juara III Lomba Kompetensi Siswa (LKS) bidang Elektronika Tingkat Propinsi D.I. Yogyakarta tahun 2019
  3. Juara II Lomba Kompetensi Siswa (LKS) bidang Mekatronika Tingkat Propinsi D.I. Yogyakarta tahun 2018
  4. Juara II Lomba Kompetensi Siswa (LKS) bidang Elektronika Tingkat Propinsi D.I. Yogyakarta tahun 2018
  5. Konstestan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) bidang Elektronika Tingkat Nasional dengan predikat Excellent tahun 2015