Sejarah SMK Negeri 2 Wonosari

Sejak lama masyarakat Gunungkidul mendambakan keberadaan Sekolah Teknologi Menengah (STM) disamping sekolah menengah atas lainnya yang sudah ada. Hal ini berdasarkan kenyataan bahwa lulusan STM akan lebih cepat bekerja atau berwirausaha dibandingkan dengan lulusan SMA.

Sekitar  tahun 1968 Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul mengupayakan berdirinya STM swasta dengan jurusan Geologi Pertambangan yang dipimpin oleh Bapak R. Tjokrohandojo yang berlokasi di kecamatan Patuk. Dan STM ini pada akhirnya diijinkan menumpang di gedung transmigrasi Ledoksari, Wonosari.

Selain  itu di Wonosari telah berdiri Sekolah Teknik (ST) I Jurusan Mesin, yang dipimpin oleh Bapak Gitomartono, ST I berlokasi di Desa Kepek, yang sekarang ditempati oleh CV Pembina.

Kemudian di Desa Bandung, Kecamatan Playen didirikan ST II dengan jurusan Bangunan Air. ST II ini dipimpin oleh Bapak Masimin. Dan Gedung yang ditempati adalah gedung milik Perindustrian.

Dan untuk sementara itu ST III didirikan di Desa Kepek yang sekarang lokasinya ditempati oleh toko Garuda Sport, dan mengambil jurusan Geologi Pertambangan yang dipimpin oleh Bapak Pareng.

Seiring dengan rencana regrouping ST/STM di Yogyakarta  maka STM Negeri Percobaan I Jetis yang dipimpin oleh Bapak Muchamad Daldiri Atmanegara setelah diserahterimakan koordinator komplek ST /STM Jetis (Bapak Soehardjo) kemudian pindah ke Wonosari dan diserahterimakan koordinator komplek ST di Wonosari dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 2438/0/1972 tanggal 12 Desember 1972 terhitung tanggal 1 Januari 1973.

Selanjutnya pemindahan tersebut dikuatkan lagi dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 020/0/1975 tanggal 7 Februari 1975 terhitung mulai tanggal 1 Januari 1975 dengan perubahan nama dari STM Percobaan Yogyakarta di Wonosari menjadi STM Negeri Wonosari dengan jurusan Bangunan Gedung ,  Mesin dan Listrik, kepala sekolah Bapak Subandi HK.

Tidak lama kemudian  atas usaha Mayor Sutedjo dan Bupati Kepala Daerah kala itu yaitu  Bapak KRT Joyodiningrat, di Ledoksari dapat didirikan bangunan yang pertama berbentuk L yang dilaksanakan oleh pengusaha yang dermawan dari Bandung, Jawa Barat. Gedung ini kemudian direhab oleh pemborong Wirama Karya sebagai bantuan Proyek Rehab pada tahun 1973/1974, dengan Bapak Drs. M. Oemar sebagai pimpinan proyek tersebut.

Sekitar  tahun 1976, seluruh siswa ST sudah tamat sehingga hanya siswa STM Negeri Wonsoari saja yang menempati gedung di Ledoksari.Dan hal ini didukung dengan banyaknya guru yang ditempatkan di STM Wonosari lulusan IKIP Yogyakarta. Beberapa tahun kemudian sejak tahun 1975/1976 berdasarkan Proyek Pelita  maka gedung STM Wonosari lama kelamaan semakin banyak didirikan sehingga sekarang kita masih dapat melihatnya.

Sekitar  tahun 1985/1986, STM Negeri Wonosari memiliki 3 jurusan, yaitu Bangunan, Mesin, Listrik dengan jumlah kelas ada 21 kelas, jumlah siswa 649 orang, jumlah guru 73 orang dan pegawai tata usaha sebanyak 36 orang pelajar.Pada  tahun ajaran ini ada kelas tandem untuk kelas 3 (Tiga) dengan 200 jam dengan materi Teknologi Informasi yang di koordinir oleh Bapak Muhtadi Zubeir dengan 40 siswa. Dan pada tahun 2001/2002 SMK Negeri 2 Wonosari resmi membuka program Teknik Informatika Komersial dengan siswa 1 (satu kelas) berjumlah 36 siswa.

Semenjak  tahun 2003/2004 jurusan Nautika Pelayaran sudah menerima 3 kelas akhirnya sejak 2006 Jurusan Nautika Pelayaran memisahkan diri dan membuka SMK Kelautan sendiri di Tanjungsari, Gunungkidul.

Sekitar  tahun ajaran 2004/2005 sesuai perkembangan Teknologi Informasi maka kurikulum juga berubah dan pada tahun itu Teknik Informatika Komersial berubah menjadi Teknik Informasi dan Komunikasi di dalamnya ada 4 (empat) Program Keahlian (Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Yaitu Multimedia dan Media Penyiaran dan Informasi (Broadcasting). Berdasarkan SDM yang ada dan bantuan peralatan dari Direktorat Dikmenjur maka SMK Negeri 2 Wonosari membuka Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Besarnya harapan peningkatan kualitas SMK Negeri 2 Wonosari hal ini terwujud dengan besarnya dukungan dan antusiasme masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya di SMK Negeri 2 Wonosari.

Berbekal  kemauan yang keras dan tekad untuk membangun masyarakat seluruh civitas SMK Negeri dengan dipimpin oleh Bapak Drs. Mustangid, M.Pd. Mencoba mengiringi derap langkah dunia industri yang merupakan institusi pasangan dari lulusannya dengan mengikuti audit sertifikasi ISO 9001 : 2000. Disamping sebagai pedoman bagi SMK Negeri 2 Wonosari dalam berpacu mengembangkan potensinya juga sebagai wahana menyiapkan siswa agar terbiasa dengan ISO yang akan mereka hadapi setelah kelak bekerja. Berkat dukungan dan doa restu semua pihak dan anugerah Allah SWT maka  SMK Negeri 2 Wonosari dapat memperoleh sertifikat ISO 9001 : 2000 pada tangal 12 Maret 2005.

Dengan diperolehnya sertifikat ini dan sekarang dipimpin oleh Bapak Drs. Rachmad Basuki, SH, MT, diharapkan dari tahun ke tahun SMK Negeri 2 Wonosari harus terus meningkatkan pelayanan kepada semua pihak dengan sebaik-baiknya pelayanan.




 

 

Informasi Terkait

Tidak ada informasi terkait