UJIAN SEKOLAH DI MASA PANDEMI

SMK Negri 2 Wonosari melaksanakan Ujian Sekolah secara daring dengan platform Google suite for education. Ujian dimulai pada Selasa, 23 Maret 2021 para siswa telah melaksanakan ujian dan akan berlangsung sampai nanti tanggal 31 Maret 2021. Dilaksanakannya ujian secara daring ini dikarenakan pandemic covid-19 yang sudah 1 tahun ini melanda Indonesia sehingga mengharuskan para siswa mengerjakan ujian di rumah masing-masing.

Penggunaan platform Google suite for education merupakan pilihan tim setelah mempertimbangakan beberapa aspek di antaranya kemudahan dalam penggunaanya karena banyak siswa yang sudah familiar dengan platform tersebut. Walaupun mudah digunakan, masalah tidak jarang timbul dalam pelaksanaan ujian ini. Kendala yang dialami oleh para siswa,  biasanya karena jaringan atau koneksi internet dan dari device yang digunakan oleh para siswa. Apabila hal ini terjadi maka siswa menyampaikan kepada Proktor yang juga merupakan wali kelas. Proktor akan meneruskan laporan kepada admin untuk dilakukan tindak lanjut.

Pemilihan wali kelas sebagai proktor atau pengawas ujian memiliki tujuan untuk memudahkan para murid dalam mengatasi kendala yang dialami. Wali kelas sudah tentu dekat dengan para siswa sehingga siswa tidak segan atau ragu untuk melaporkan adanya kendala yang dialami. Peran wali kelas atau proktor bukan hanya sekedar menerima laporan masalah, namun proktor juga bertugas untuk memantau peserta ujian melalui daftar hadir yang dapat diakses sehingga ketika ada siswa yang tidak hadir atau terlambat hadir, proktor bisa segera mengetahui dan menghubungi siswa tersebut untuk menanyakan kendala atau masalah yang dialami

Apabila siswa mengalami kendala di tengah ujian dan tidak memungkinkan untuk melanjutkan ujian pada sesi tersebut maka siswa dapat melakukan ujian dengan jadwal khusus. Jika para siswa sering mengalami kendala yang serupa setiap kali mengerjakan ujian, maka sekolah memfasilitasi untuk komputer/laptop/tablet dan koneksi internet agar memudahkan siswa dalam mengerjakan ujian sekolah. Tentu saja dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Setelah sesi ujian berakhir akan ada tim pengoreksi jawaban yang bertugas untuk mengkoreksi jawaban essai atau uraian dari siswa. Soal essai tersebut merupakan pendapat pribadi dari siswa sehingga diperlukan pemeriksaan oleh tim agar menghindari plagiarisme. Ujian sekolah ini juga mendapat monitoring dari Kemenag dan Balai Dikmen demi memastikan lancarnya pelaksanaan ujian sekolah.