• SMK NEGERI 2 WONOSARI
  • Jati Diri Prestasi Harmoni

Teknik Ketenagalistrikan

Jurusan Ketenagalistrikan ada sejak tahun 1975 bersamaan dengan berdirinya Sekolah Teknologi Menengah (STM) Wonosari. Seiring dengan berjalannya  waktu dan berkembangnya  kurikulum maka saat ini berganti nama menjadi  Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan, di Program ini memiliki  fasilitas yang sangat baik antra lain  guru-guru yang kompeten , fasilitas pembelajaran teori dan praktek yang memadai dalam menjadikan  SDM berkarakter, unggul , tangguh dan profesional

Listrik sangat berperan penting dalam kehidupan kita. baik rumah tangga, sekolah, kantor maupun di sector industry. Oleh karena itu lapangan pekerjaan di bidang ini sangatlah luas dan belum mengalami kejenuhan, sehingga tidaklah salah jika kita memilih jurusan Teknik Instalasi Tenaga listrik SMKN 2 Wonosari untuk mempersiapkan masa depan yang cerah dengan penuh harapan.

Fasilitas pendidikan yang dimiki selain ruang teori, kita memiliki laboratorium dan ruang praktek antara lain:

  1. Laboratorium Listrik dasar
  2. Ruang praktek Instalasi penerangan dan instalasi tenaga Listrik
  3. Ruang praktek Instalasi Motor listrik
  4. Ruang praktek Kendali terprogram
  5. Ruang praktek Listrik
  6. Bengkel mekanik listrik

Semua laboratorium dan ruang praktek dilengkapi dengan peralatan yang update dengan instruktur/guru yang kompeten.

Selain pendidikan yang dilakukan di sekolah kita juga melakukan pendidikan di luar sekolah dalam bentuk Praktek kerja lapangan dan kunjungan Industri. Praktek kerja Lapangan dalam pelaksanaannya dilaksanakan pada semester 5 selama 3 bulan di indutri pasangan yang berada di wilayah Yogyakarta maupun diluar Yogyakarta. Sedangkan untuk Kunjungan industry dilaksanakan pada semester 4 yang dapat dilaksanakan di Jawa tengah, jawa timur atau jawabarat termasuk Jakarta atau tempat lain di industry pasangan yang disepakati.

Dalam mempersiapkan mutu lulusan yang dapat bersaing pada tingkat nasional maupun global Jurusan Teknik Ketenagalistrikan SMKN 2 Wonosari telah mendapat lisensi dari BNSP dengan terbentuknya tempat ujikompetensi dibawah naungan LSP P1 SMKN 2 Wonosari degan skema SKKNI Level II Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang terdiri dari 4 klaster yaitu :

  1. Instalasi listrik penerangan satu fasa
  2. Instalasi listrik penerangan tiga fasa,
  3. Instalasi Tenaga tiga fasa
  4. Instalasi kontrol berbasis Terprogram

Untuk mempersiapkan skema uji kompetensi tersebut maka setiap elemen kompetensi atau mata pelajaran selalu berpedoman pada SKKNI sehingga siswa lebih mudah dalam menyelesaikan ujikompetensi tersebut dengan harapan semua siswa lulus dan mendapat sertifikasi dari BNSP..

Data keterserapan lulusan program studi teknik instalasi tenaga listrik di dunia industri rata rata 75% setiap tahun sedang lainnya melanjutkan studi ke perguruan tinggi atau bekerja mandiri. Data ini diambil dari hasil penelusuran tamatan yang dilakukan oleh BKK SMKN 2 Wonosari dibawah naungan Waka IV pada setiap tahunnya.

Adapun industry yang merekrut tenaga kerja alumni teknik instalasi tenaga listrik SMKN 2 Wonosari adalah sebagai berikut :

  1. DENSO INDONESIA
  2. TESCO INDOMARITIM
  3. SINAR METRINDO PERKASA
  4. ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA
  5. MESIN ISUZU INDONESIA
  6. NUTRIFOOD INDONESIA
  7. HITACHIASTEMO BEKASI
  8. AKASHI WAHANA INDONESIA
  9. THIESS CONTRACTOR INDONESIA

Dan masih banyak industry yang lain.

Dalam waktu dekat Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik juga akan bekerjasama dengan PT. PANASONIC GOBEL INDONESIA untuk membuka klas industry, tempat magang guru dan siswa serta rekruitmen tenaga kerja.